Akmal Sjafril | Stop Making Excuses!
1132
post-template-default,single,single-post,postid-1132,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,qode_popup_menu_push_text_top,qode-content-sidebar-responsive,columns-4,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-13.4,qode-theme-bridge,disabled_footer_top,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive

Stop Making Excuses!

Stop Making Excuses!

14

 

Saya selalu menganggap ghazwul fikri (perang pemikiran) sebagai bab yang baik untuk mulai menjelaskan kondisi umat Muslim saat ini. Jika kini kita melihat umat terpuruk, maka kunci permasalahannya ada pada akal yang menguasai segala potensi umat tersebut. Tanpa pemikiran yang kuat, maka modal berupa sumber daya alam, uang, teknologi, infrastruktur dan sebagainya tidaklah berguna.

Terlalu sering kita beralasan bahwa musuh telah berkonspirasi, padahal Al-Qur’an sudah menjelaskan tabiat mereka ini sejak dahulu. Terlalu mudah kita menyebut mereka tengah bekerja keras merebut dunia, padahal kita sejak jauh-jauh hari telah menyatakan hendak merebut akhirat, hanya saja kerja keras kita belum lagi terlihat. Terlalu gampangan kita mengatakan bahwa musuh takut kepada kita, padahal membiasakan diri untuk tepat waktu saja masih terlalu asing bagi sebagian aktivis Islam.

Akankah kita menjadi bagian dari pemenang, sementara mereka sibuk membaca buku, sedangkan kita sibuk mengeja status di medsos? Bagaimana kebenaran akan menang jika lisan mereka lebih lugas dalam mempropagandakan kejahatan? Kapankah kita akan jemu menyebutkan seribu alasan untuk inkompetensi diri kita sendiri?

Stop making excuses!

No Comments

Post A Comment