Ahlan Wa Sahlan!
283
post-template-default,single,single-post,postid-283,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-2.4.4,woocommerce-no-js,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,qode_popup_menu_push_text_top,qode-content-sidebar-responsive,columns-4,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-22.9,qode-theme-bridge,disabled_footer_top,disabled_footer_bottom,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.0,vc_responsive

Ahlan Wa Sahlan!

Ahlan Wa Sahlan!

assalaamu’alaikum wr. wb.

Lima tahun sebelum buku Islam Liberal 101 ditulis, atau tujuh tahun sebelum #IndonesiaTanpaJIL (ITJ) didirikan, saya sudah mencurahkan hobi menulis saya dengan blogging. Sejak tahun 2005, sebulan setelah peristiwa Tsunami di Aceh, saya mulai menulis di situs blogging yang pada saat itu sedang sangat populer, yaitu Multiply. Sejak tahun 2006, pembaca blog saya di http://akmal.multiply.com (tidak usah dicari, situsnya sudah wafat!) sudah lumayan banyak.

Kemudian, era microblogging dimulai.

Tiba-tiba, orang merasa nyaman menulis pendek-pendek. Ada yang setiap hari update status berkali-kali di Facebook, sebagian lagi bertindak ‘lebih ekstrem’ di Twitter dengan batasan 140 karakter saja. Era keemasan blogging berakhir, dan salah satu pihak yang menerima pukulan paling keras adalah Multiply. Singkat cerita, Multiply dibubarkan, dan kami harus mencari tempat baru untuk menuangkan hobi menulis. Sebagian membuat blog-nya sendiri, sebagiannya lagi bisa dikatakan pensiun menulis, sebagian yang lain (salah satunya saya) menggunakan fasilitas gratisan di Facebook.

Belakangan, saya merasa produktivitas menulis memang berkurang sejak berpisah dari Multiply. Rupa-rupanya blog itu memang tidak tergantikan. Barangkali karena sudah terlanjur terbiasa dengan format Multiply yang customizable, maka opsi lain jadi kurang menarik. Alhamdulillaah, ada seorang teman yang mau meminjamkan keahliannya. Hasilnya adalah situs pribadi yang sedang Anda baca ini. Mohon doanya supaya situs ini bisa memberi manfaat kepada sebanyak-banyaknya orang. Aamiin…

Dengan ini secara resmi saya nyatakan: microblogging no more! (Eh sesekali mah boleh, ding… :D)

Untuk mulai meramaikan, saya akan menyalin sejumlah tulisan lama saya dari Facebook ke sini. Tulisan-tulisan lama itu akan ditandai dengan link di bagian akhirnya. Kalau tidak ada tautan, ya berarti tulisan baru.

Enjoy your visit!

wassalaamu’alaikum wr. wb.

5 Comments
  • Agung Sagita
    Posted at 06:02h, 08 December Reply

    punten… ngiring ngalangkung… eh komen heula

    yg di mp sempet dibackup ga? atau kultwit2 gakan di post disini?

    saran blog ini di auto-copy dengan ifttt.com ke situs gratisan kyk wordpress/blogspot yg lebih ber-dana

    jadi kalau antum mati, amal jariah dari tulisan insya Allah tetap mengalir 🙂

    • malakmalakmal
      Posted at 07:25h, 30 December Reply

      Yang di MP masih ada file-filenya di saya, demikian juga yang di sini. Syukran atas saran auto-copy-nya 🙂

  • Feby
    Posted at 08:20h, 08 December Reply

    Barakallah STad

    • malakmalakmal
      Posted at 07:26h, 30 December Reply

      Mohon doakan supaya istiqamah 🙂

  • Anila Gusfani
    Posted at 14:22h, 11 July Reply

    Stadz, tapi akhirnya ustadz microblogging lagi deng di Instagram :p

Post A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.